Suku Terbesar yang Ada di Indonesia

Suku Terbesar yang Ada di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal memiliki jumlah suku yang banyak. Hal ini juga yang menjadikan Indonesia memiliki lambang Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Ya, suku di Indonesia ini memang berjumlah banyak dan tersebar luas di seluruh penjuru pelosok negeri. Dengan adanya suku ini membuat keberagaman di Indonesia menjadi lebih kuat. Setiap suku juga memiliki tradisi masing-masing yang berbeda dengan suku lainnya.

Berdasarkan data yang dihasilkan oleh BPS pada tahun 2010, Indonesia sendiri memiliki lebih dari 300 ras etis suku yang tersebar. Adapun untuk jumlah sukunya terdapat kurang lebih 1300 suku bangsa.

Pulau Jawalah yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah suku terbanyak di Indonesia. Bahkan kurang lebih 40% suku tersebut berasal dari Suku Jawa. Karena jumlah suku ini sangat banyak, maka berikut ini akan dibahas beberapa suku yang terkenal di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Suku Batak, Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara memiliki salah satu suku yang terkenal yakni suku Batak. Suku Batak sendiri adalah sebutan untuk suku kolektif yang berada di Wilayah Tapanuli, Sumatera Utara.

Adapun suku ini juga dibagi menjadi beberapa suku lagi, seperti Suku Batak Toba, Suku Mandailing, Suku Batak Pakpak dan juga Suku Batak Karo. Adapun suku ini sendiri terkenal dengan pribadinya yang tegas dan juga pekerja keras.

2. Suku Melayu, Bangka Belitung

Nama Melayu pada suku ini sendiri diambil dari nama sebuah kerajaan melayu yang pernah ada di Sungai Batang Hari. Adapun jumlah penduduk suku ini sendiri sangat banyak bahkan tersebar sampai ke luar pulau Sumatera. Bahkan, beberapa masyarakat dari suku ini juga tersebar di wilayah Jawa.

3. Suku Serawai, Bengkulu

Kepulauan Bengkulu juga memiliki suku yang terkenal, nama suku ini adalah suku Serawai. Adapun suku ini sendiri tersebar di wilayah Bengkulu Selatan tepatnya berada di Kecamatan Talo, Sukaraja, Seginim hingga Kelutum.

Artikel terkait :