Sejarah Internet Singkat di Indonesia

Sejarah Internet Singkat di Indonesia

Di Indonesia sendiri jaringan internet sebenarnya sudah mulai dikembangkan pada tahun 1983, tepatnya di Universitas Indonesia. Pengembangan dengan nama UInet ini dilakukan oleh Dr. Joseph F.P Luhukay yang saat itu baru saja lulus program doktor filosofi ilmu komputer di US.

Jaringan ini dibangun selama 4 tahun lamanya. Namun di waktu yang sama Luhukay pun mulai mengembangkan Universitas Network (UNInet) di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, walhasil jaringan komputer yang didapat lebih luas. Jaringan ini meliputi Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin dan Ditjen, serta Institut Teknologi Surabaya.

Dengan jaringan internet ini, perkembangan teknologi di Indonesia begitu terasa. Bahkan untuk masyarakat awam pun manfaat yang sama bisa dirasakan. Beberapa faktor berikut juga yang menjadi alasan mengapa internet begitu diminati oleh semua kalangan.

1. Operasi Non Stop

Internet beroperasi non stop setiap harinya, sehingga menjadikan media ini sebagai mesin bisnis yang begitu efisien. Keperluan lain yang membutuhkan waktu cepat juga dapat dipermudah dengan internet. Oleh sebab itu orang banyak mengandalkan internet sebagai medianya.

2. Audien Global

Ketika sebuah info atau topik diterbitkan di internet, maka seluruh orang dapat mengaksesnya dengan mudah. Inilah yang disebut dengan audient global, dimana setiap informasi di internet bisa disaksikan setidaknya oleh masyarakat di 190 negara.

3. Biaya Murah

Meskipun memberikan operasi non stop dan audien yang begitu luas, tapi internet bisa diakses dengan harga yang relatif murah. Penentuan harga ini jika dibandingkan dengan media lain hanya untuk layanan yang bisa dikatakan tak seimbang.

4. Alat Komunikasi

Sudah bukan hal aneh jika saat ini segala macam jenis komunikasi jarak jauh selalu mengandalkan internet. Banyaknya aplikasi dan situs pendukung juga menjadikan manfaat ini semakin mudah didapatkan. Menariknya untuk merasakan kemudahan komunikasi melalui internet, setiap pengguna tak membutuhkan syarat yang banyak dan memberatkan.

Itulah sejarah internet singkat mulai dari cikal bakalnya hingga saat ini sudah menjadi sesuatu yang sangat awam di dunia. Bahkan di negara-negara maju, internet pun menjadi sesuatu yang seakan menjamur. Tidak lagi dengan biaya, di beberapa negara Anda bisa mengakses dengan kecepatan maksimal tanpa biaya alias gratis.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Semoga dalam waktu dekat penyebaran akses internet gratis di seluruh pelosok bisa terealisasikan.

Sumber : https://pendidikan.co.id/