Peristiwa yang Mempengaruhi Perkembangan Internet

Peristiwa yang Mempengaruhi Perkembangan Internet

Diluncurkannya Sputnik & ARPA

Pada tahun 1957 Rusia meluncurkan Sputnik sebagai wahana luar angkasa, dan Amerika Serikat merasa kalah. Sehingga terpacunya Amerika untuk menghasilkan sebuah teknologi terbaik, walhasil munculkan ARPA satu tahun kemudian.

Awal tahun 1960an, teori paket switching mulai diimplementasikan pada dunia nyata. ARPA juga mulai mengembangkan ARPANET di tahun 1960 dan mampu menggabungkan 4 komputer pada pertama penemuannya. Di tahun 1965 istilah hypertext mulai dikenalkan Ted Nelson. Sedangkan pada tahun 1968 jaringan Tymnet dibuat.

Kemudian pada tahun 1971 anggota ARPANET bertambah menjadi 23  node komputer dari berbagai universitas serta komputer riset pemerintah. Setelah itu berikutnya didirikan sebuah tim kerja bernama SNWG atau International Network Working Group yang akan meningkatkan teknologi jaringan juga membuat standar pada jaringan komputer.

Tahun 1972 sampai 1974 beragam layanan basis data yang komersial seperti The New York Times DataBank, Dialog Lexis mulai didaftarkan ke ARPANET. Hal ini menjadi pembuka awal masuknya dunia komersil di dunia Internet. Setahun selanjutnya ARPANET mulai melebarkan sayapnya di luar Amerika Serikat, dan anggota pertama yang masuk adalah Universitas di Norwegia dan London.

TPC mempublikasikan spesifikasi secara detail melalui Vit Cerf dan Bob Kahn di tahun 1974. Pada tahun yang sama ARPANET versi komersial yaitu Telenet juga dibuka untuk layanan paket data public yang pertama kali.

111 Komputer Terhubung Ke ARPANET

Protokol TCP dipecah menjadi dua pada tahun 1978 yaitu Internet Protocol dan Transmission Control Protocol. Selanjutnya pada tahun 1979 grup diskusi Usenet dibuka untuk pertama kali. Dalam grup ini Kevin McKenzie mengusulkan penggunaan emoticon. Penambahan jumlah PC juga sangat meningkat pada masa itu, bahkan sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia.

Di awal tahun 1980 dengan dukungan NSF, layanan email muncul dan beberapa layanan lain yang tak lagi membutuhkan ARPANET. Dan di tahun 1981 France Telecom berhasil menciptakan perangkat telephone dan televisi pertama, dengan begitu orang bisa saling menelepon sembari berhubungan dengan link video.

Kemudian di tahun 1982, Defense Communication Agency atau DCA bekerja sama dengan DARPA yang kemudian berhasil menciptakan TCP dan IP.

Tahun 1988, Jorko Oikarinen seseorang asal Finlandia memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun setelah itu sebanyak 100.000 komputer terhubung dan membentuk jaringan. Dengan kata lain jumlah komputer yang terhubung mencapai 10 kali lipat.

Perkembangan Internet di Era 90an

Awal era 90an dimulai dengan sebuah penemuan yang paling berharga, yaitu munculnya program editor dan browser yang ditemukan oleh Tim Berners Lee. Program ini memungkinkan komputer satu dengan lainnya bisa dijelajah dengan mudah. Program inilah yang disebut dengan WWW atau World Wide Web.

Tak perlu tunggu lama, 4 tahun berlalu sebanyak 3000 alamat halaman sudah terdaftar. Di tahun yang sama, virtual-shopping atau e-retail pun muncul di internet. Di tahun 1994 ini pula Yahoo! Didirikan sekaligus menjadi tahun berdirinya Netscape Navigator.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/