Mitos Petilasan Raja Brawijaya di Jalur Baru Gunung Lawu

Mitos Petilasan Raja Brawijaya di Jalur Baru Gunung Lawu

Menjelang bulan Agustus peringatan HUT RI

banyak traveler yang pendakian ke puncak gunung. Salah satu gunung yang menjadi tujuan para pendaki yakni Gunung Lawu.

Dari wilayah Magetan, selain melalui Cemoro Sewu, untuk menuju puncak Gunung lawu yang berada antara kabupaten Magetan dan Karanganyar dan Ngawi, memiliki jalur pendakian baru yakni jalur via Singolangu. Jalur Singolangu ini diyakini sebagai jalur klasik atau kuno, petilasan raja Brawijaya.

“Jalur klasik Singolangu ini konon petilasan raja Brawijaya. Jadi merupakan jalur klasik atau kuno yang baru di buka kembali,” ujarnya.

Nedi menuturkan, jalur Singolangu menyuguhkan

pemandangan yang lebih indah. Karena pendaki bisa langsung melihat keindahan Telaga Sarangan dan hamparan Kota Magetan dari sisi timur.

Pendaki juga bisa melihat beberapa petilasan sepert batu lapak yang dipercaya sebaga petilasan Raja Brawijaya, serta ada beberapa peninggalan Belanda yang berkaitan dengan jalur pendakian di Singolangu.

“Pendaki bisa melihat pemandangan

indahnya telaga sarangan dan hamparan kota Magetan. Beberapa petilasan raja Brawijaya serta peninggalan Belanda juga ada. Dari pos satu kita disuguhi camping ground dengan hutan yang masih alami. Setelah itu di pos dua ada batu lapak. Kita juga akan disuguhi sunrise yang indah,” paparnya.

Data yang dihimpun detikcom, Rabu (24/7/2019) jalur via Singolangu ini merupakan terbaru dari lima jalur menuju puncak gunung Lawu yang memiliki ketinggian 3170 mdpl. Untuk jalur lama di wilayah Magetan yakni via Cemoro Sewu perbatasan dengan jalur Cemoro Kandang di wilayah Karanganyar Jawa Tengah. Di Karanganyar juga ada jalur via Candi Cetho dan terakhir melalui jalur Jogorogo, Ngawi.

Selama ini, jalur Singolangu dikelola dengan anggaran bersumber dari swadaya pemuda Dusun Singolangu. Harapannya jalur tersebut mampu menumbuhkan perekonomian dan mengurangi pengangguran dengan potensi wisata baru di sepanjang jalur.

Baca Artikel Lainnya: