Jambore Literasi, Dorong Minat Baca Generasi Milenial

Jambore Literasi, Dorong Minat Baca Generasi Milenial

Untuk mendorong daya minat baca bagi semua peserta didik tingkat SD, SMP bahkan SMA/SMK,

Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung menggelar Jambore Leader’s Reading Challenge Kabupaten Bandung (LRCKB) Tahun 2018. Acara yang dipusatkan, Pangkalan TNI AU Skadron pendidikan 202 Kelurahan Sulaeman Kecamatan Margahayu, Kamis (22/11)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung H. Juhana mengatakan, sebenarnya literasi bagi siswa itu sebuah keniscayaan. Ini memang leader’s-nya, artinya mereka mereka yang sudah hobi membaca.

“Sebetulnya seluruh siswa mutlak harus berliterasi, kalau tidak bagaimana mau disebut generasi milenial kalau tidak berliterasi,” jelas Juhana usai membuka jambore literasi di margahayu kemarin, (22/11)

Menurutnya, semua generasi khususnya peserta didik di kabupaten Bandung harus multi literasi.

Jadi harus tau apa yang mesti mereka baca ada yang sifatnya konseptual keilmuan, kontekstual kenyataan lingkungan alam, fenomena sosial, alam harus di baca.

“Tapi bukan dalam baca buku saja, harus juga baca faktual kenyataan. Adapun yang sifatnya akademik, bisa membaca mulai literasi reliji, budaya, matematika, teknologi dan literasi digital jangan kelewat, kalau mengaku generasi melenial,” katanya

Juhana berharap Semua leader’s yang mengikuti jambore harus bisa menularkan kebiasaan membaca kepada generasi atau rekan sesama di semua sekolah. Sehingga semua siswa di kabupaten Bandung akan ketagihan membaca.

“Membaca itu harus menjadi karakter, dan membuat semua siswa ketagihan untuk membaca.

Kalau tidak, mereka harus merasa punya utang,” harap Juhama

Hal sama di katakan Marlan Nisyamsu Sekretaris Disdik Kabupaten Bandung menurutnya, pada jambore LCRKB tahun 2018 diikuti ratusan peserta siswa tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Bandung. Berbagai kegiatan pun dilaksanakan, selain me-review siswa yang telah membaca 20 buku selama tahun ini. Juga menggelar berbagai perlombaan yang berkenaan dengan literasi dan lingkungan.

“Ratusan siswa leader’s literasi mengikut berbagai kegiatan untuk mewakili sekolah masing-masing,” kata Marlan Yang didampingi ketua pelaksana Jambore LRCKB tahun 2028 Deni Permana.

 

Sumber :

http://www.katespadehandbags.me.uk/mindset-is-everything-the-power-of-positive-thinking/