Arti Sejarah Pada Umumnya

Arti Sejarah Pada Umumnya

  Definisi Sejarah

Kata sejarah dalam bahasa Indonesia adalah sama dengan history (Inggris), Geschichte (Jerman) atau Geschiedenis (Belanda). Dari uraian tersebut kurang lebih memiliki pengertian yang sama. Menurut kamus-kamus ada beberapa definisi diantaranya:

·        History (The Concise Oxford dictionary)

·        Geschichte (Deustches Woterbuch von L. Mackensen)

·        Geschiedenis (Verkland handwoordenboek der Nederlandse Taal)

·        Sejarah (Kamus Umum Bahasa Indonesia)

Maka dengan singkat dapat ditegaskan bahwa sejarah itu berarti:

1)      Jumlah perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa  dalam kenyataan sekitar kita

2)      Cerita tentang perubahan

3)      Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan

Cerita dan perubahan-perubahan tersebut pada dasarnya merupakan kegiatan-kegiatan manusia. Sejarah serba subjek artinya sejarah buatan manusia. Sedangkan sejarah serba objek adalah jumlah kejadian, peristiwa, perubahan-perubahan secara keseluruhan.

b)      Sejarah Serba Objek dan Sumber-sumber Sejarah

Sejarah sebagai objek yakni seluruh kegiatan baik perkembangan dan perubahan-perubahan serta peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Sedangkan sumber-sumber sejarah adalahsurat kabar dan majalah, keduanya member informasi mengenai politik, ekonomi, kebudayaan, penderitaan umum, dan peraturan-peraturan. Selain itu majalah dan Koran selalu memberikan intisari dan ikhtisar atau rangkuman berita selama sepekan ,satu bulan ,maupun satu tahun. Sumber berita yang lainnya yakni radio.

c)      Sifat Sumber-sumber Sejarah

Pada dasarnya sifat yang dimiliki dari sumber-sumber sejarah dipengaruhi oleh perhatian dari manusia. Saat perhatian itu mulai menghilang maka sifat sumber sejarah menjadi tidak dapat dengan detail atau kurang di pahami oleh manusia tersebut. Sedangkan di saat manusia mulai perhatian dengan sumber sejarah maka akan semakin meluas dan banyak jumlah sumber sejarah yang muncul.

Sumber : https://filehippo.co.id/